Selamat Datang Di Blog Ayu

Pages - Menu

Selamat Membaca

Rabu, 20 Februari 2013

Library in the My High School ^_^


Assalamu'alaikum wr.wb
temen-temen tau ga? saya bingung mau nulis, mau diawali dari mana dulu ya? ehmm....temanya itu, tentang perpustakaan di sma tercintaku, saya dulu sekolah di SMA N  1 WONOSARI, letaknya di Jl. Yogya - Solo, Pakis – Wonosari, Delanggu. Prasarana dan sarana di sma saya bisa dibilang sudah tidak ketinggalan zaman (jadul), tapi soal perpustakaan menurut saya harus ada perbaikan lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti dewasa ini.
Satu tempat yang tidak kalah pentingnya di sekolah selain kantin adalah perpustakaan, hehe...kalau ke kantin kita harus bawa uang untuk bayar makanan yang kita makan tapi kalau ke perpustakaan  kita cukup bawa badan aja, tapi kalau mau pinjem, kita harus buat kartu anggota dulu dengan ngeluarin kocek hanya seribu bisa sampai tiga tahun, kalau ke kantin tiga tahun kita udah abis berapa ya? sampai kali jutaan, kalau jajannya banyak,xixixi...
Perpustakaan di sma saya punya gedung sendiri, lokasinya di belakang Kantor Kepala Sekolah, Ruang Tata Usaha, berdampingan dengan Laboratorium Biologi yang di depannya ada beberapa pohon seperti taman kecil di sana, dan di depannya lagi adalah kantor guru. Sewaktu saya kelas XI dan XII, kesempatan untuk mengunjungi perpustakaan jadi bisa lebih sering, karena letak kelas XI IPA 1, 2, 3, dan Bahasa itu di samping Perpustakaan, sedangkan letak kelas XII IPA 1 di belakang perpustakaan, tapi walaupun dekat tetap saja saya jarang baca buku lama di sana, apalagi waktu istirahat hanya 15 menit, cukup untuk memilih dan meminjam buku.
Staf di perpustakaannya, alhamdulillah ramah, baik, dan tidak sombong, hehe...ada yang cantik lagi, dulu stafnya ada 4 yang diketuai oleh bu Yuli, beliau juga mengajar pelajaran bahasa indonesia. Koleksinya terbilang lumayan banyak untuk kalangan sma, walaupun terkadang buku yang saya cari tidak ada, karena sudah keduluan temen, jadi alternatifnya adalah fotokopi. Selain buku pelajaran, ada karya sastra baik fiksi maupun nonfiksi, kliping tugas dari guru yang diarsip juga di letakkan di perpustakaan, novel, majalah, ensiklopedia, dan koran.
Layanannya, dari mulai peminjaman sampai  pengembalian itu dilayani secara manual, dengan ditulis di buku daftar peminjaman koleksi perpustakaan dan di kartu anggota perpustakaan yang kita miliki. Sistem pelayananannya belum terotomasi, tetapi di sana sudah ada dua komputer yang bisa digunakan oleh para siswa dan bisa terhubung dengan internet. Jam buka perpustakaan SMA N 1 Wonosari kurang lebih buka pukul 08.00 WIB dan tutupnya pukul 13.30 WIB.
Selama hampir tiga tahun menjadi bagian dari perpustakaan SMA N 1 WONOSARI, saya senang karena setiap meminjam buku selalu dilayani dengan baik, tetapi satu hal yang masih saya ingat, ketika mengembalikan buku pinjaman perpustakaan, kartu anggota saya tidak ada di tempat biasa pegawai meletakkannya, kemudian waktu itu hanya disuruh mencatat nama dan buku yang dipinjam di kertas kosong. Tibalah masa pengambilan STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) akan diberikan, syaratnya harus bebas pustaka, pihak perpustakaan mengatakan bahwa saya masih ada tanggungan untuk mengembalikan buku. Terang saja saya kaget, karena saya sudah merasa mengembalikan semua buku yang saya pinjam. Akhirnya bisa cerita, itu tadi pengalamanku sobat, bagaimana dengan kalian?
Semoga Perpustakaan di SMA N 1 WONOSARI bisa bertambah maju dengan dilengkapi fasilitas yang lebih menunjang berjalannya perpustakaan dan bisa segera terotomasi. Cerita ini tidak dibuat-buat sesuai dengan fakta selama saya masih sekolah di SMA N 1 WONOSARI, apabila menyinggung pihak yang berkaitan, saya mohon maaf, ini hanyalah sekedar sharing. Mengharapkan kritik dan saran teman-teman yang membangun mengenai keadaan perpustakaan di sekolah saya dulu. Akhirkalam wassalamu’alaikum wr.wb.  dadaaaaaaaaa..:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar